Gigi Bungsu (Paling Belakang) Tumbuh Saat Kita Sudah Dewasa, Kenapa?


Bagi kita yang belum tahu tentu aneh ketika gigi yang paling belakang baik yang di atas maupun bawah tumbuh saat kita dewasa, bahkan tumbuh saat umur kita udah 25, mungkin kita akan mengira kalau kita punya kelebihan gigi karena pada umur yang sudah cukup ada gigi yang nongol lagi, susah deh, jadi susah makan, susah tidur, kadang2 pada beberapa orang akan terjadi seperti itu

jangan Khawatir??

Saya tidak bilang ini tidak bahaya, tapi jangan khawatir karena itu hal yang wajar,, gigi paling belakang akan tumbuh kira-kira umur 17 s/d 24 thn bahkan ada yang lebih. Ini masih ilmu perkiraan loh, kadang pada beberapa orang ada yang ga seperti itu.

kapan gigi itu bisa dibilang bahaya ?

Nah sekarang bukannya nakut-nakutin, tapi ada pada beberapa orang kasus seperti ini, gigi paling belakang nongol tidak pada posisi yang benar, dalam bahasa kedokteran (impacted). Terjadi bisa karena struktur rahang kita yang sudah tidak cukup lagi untuk menampung gigi itu, Bisa juga memang benih gigi berada pada posisi yang tidak tepat, (ini saya baca dari beberapa Buku), berikut ini beberapa contoh gambar yang menunjukkan impaksi pada gigi yang paling belakang bawah..

gigi tumbuh paling belakang

gigi tumbuh paling belakang

masalah gigi paling belakang

masalah gigi paling belakang

apa yang harus kita lakukan??

Saat menimbulkan masalah tentunya periksakan ke Dokter Gigi terdekat, Biasanya akan dilihat secara langsung yang pertama kali dilakukan, Jika tidak bisa maka akan diambil dengan foto X ray gigi, supaya kelihatan jelas semuanya.

Perawatan yang biasa dilakukan oleh Dokter Gigi yaitu mempertahankan atau cenderung mengangkat gigi tersebut, dengan pertimbangan Dokter Gigi bagaimana yang terbaik.

Untuk kasus impaksi gigi seperti diatas kebanyakan dicabut, dan kadang pada beberapa kasus yang sulit bisa jadi akan dilakukan operasi kecil (odontectomi/pencabutan gigi paling belakang dengan jalan operasi). Tapi jangan takut dan ngeri, demi kebaikan kita juga to, lebih baik ngeri sekali daripada ngeri seumur hidup gara-gara sakit gigi, Mau!!!

x ray gigi paling belakang tumbuh

x ray gigi paling belakang tumbuh

akibat dari gigi impaksi!

Ada kasus pada beberapa orang gigi yang impaksi tidak menyebabkan sakit, hanya saat pertamanya aja menimbulkan rasa sakit, tapi apa yang terjadi saat-saat masa tidak sakit tersebut.

Pada posisi gigi yang menabrak gigi depannya maka aka nada tempat yang mudah berkumpul makanan disitu dan jadi tempat yang menarik bagi kuman2 perusak gigi, jadi bukan hanya gigi paling belakang yang lubang. Depannya juga ikut lubang, akhirnya dicabut semua deh

Oleh karena itu rawat gigi anda baik-baik, cari tahu jika anda tidak tahu,

Dan jangan malu bertanya jika anda tidak tahu..

Keep your teeth helthy!!!!!

With brush your teeth regularly…

Sekian artikel ringan dari saya, saya menerima kritik dan saran asal tujuannya baik. Saya lebih suka digurui daripada menggurui,, he22,,

~ by kempoantolin on February 17, 2009.

38 Responses to “Gigi Bungsu (Paling Belakang) Tumbuh Saat Kita Sudah Dewasa, Kenapa?”

  1. [...] Gigi Bungsu 11 03 2009 Gigi Bungsu (Paling Belakang) Tumbuh Saat Kita Sudah Dewasa, Kenapa? [...]

  2. gigi aq tumbuh niii paling belakang sama seperti d gambar….
    kalo ke dokter gigi aq ngak mau kalo di cabut apalagi d operasi iii serem….gi mana niii cara ngobatinnya makan aja susah, terus bicara aja susah palagi senyum/ ketawa g mn niiiii………….

  3. kalo ngak mau di oprasi datang aja ke praktek dukun cilik ponari

  4. sama dg yg saya alami sekarang..
    ada solusi selain dicabut gak ya? soalnya sakit banget nih

  5. buat merry atau koetoe juga
    kalau kasus gigi yang anda alami mirip pada gambar kayaknya tidak ada pilihan lain selain dicabut,dicabutnya dengan operasi kecil, jangan ngabayangin sakitnya, tapi ending anda nanti tidak sakit lagi di akhirnya,, lagian kan juga di anastesi jadi ga sakit,
    tapi jangan takut, di drg spesialis bedah mulut sudah biasa menangani hal sperti itu,

  6. Saya 27 th baru numbuh, wadaw sakitnya minta ampyun dah

  7. Diriku jg umur 27, lagi tumbuh, udah sakit 4 hari neh, nanti malem baru bs ketemu Dokter, abis jadwal tuh dokter padat banget.. sementara krn sakit, akhirnya minum cataflam terus, buat nahan sakitnya.. Gigi nya gigi bawah, trus dia kyknya numbuh ke arah luar gitu, dan masih ketutupan daging.. Kayaknya klo mo di cabut juga mesti di operasi dulu lapisan gusi atasnya, baru bs liat giginya full.. Hiks hiks.. keputusannya tar malem neh..

  8. besok saya operasi doakan saya iah.. >.< ini br gigi sebelah kiri bawah, numbuh mereng.. setelah itu br gigi kanan bawah numbuh datar.. T.T

  9. umur sya 24 ni gigi grham bwah tumbuh dan menyebabaka gusinya terggit sehingga jdi bengkak dan klo di buat mangap sakit…apakah klo d cabut kan bisa sembuh dan kata temen saya klo lgi sakit gak bleh di cabut yaa??? ni gak cekut2 sihh cma bengkak aza apa bleh di cabutt..?

  10. ohhhhhhhhhhhh……….sakit nya gigi iniiiiiiiiiiiiii……tapi aq ngeri banget klo ke dokter…..ntar dibius ga yah????

    ini gigi bungsu ku yang kedua tumbuh…yang pertama berlobang…wadaawww…..

  11. tumbuhnya gigi bungsu membuat saya sakit minta ampun,bangun tengah malam menahan sakit. mungkin ini termasuk impaksi, karena tumbuhnya di atas gusi paling belakang. saya takut untuk cabut gigi apalagi mau operasi…ya tuhann..sakit…

    • periksa ke drg aja mbak sebelum terlambat jadi lebih parah,, rontgen gigi jg ga mahal kok, di rs pemerintah plg 75 rb.. kira2
      tapi ya memang dokter gigin dulu, perlu ga rontgen,

  12. umurku 18 tahun, tp kemarin saya ke dokter gigi untuk perawatan, lalu dokternya mengatakan gigi paling belakang kiri kanan harus dbawa ke bedah mulut padahal belum di rontsen . tapi setelah saya melihat gigi saya memang ada gigi geraham paling belakang tumbuh hanya 1/2..trus apakah saya harus di ronsen dulu atau bagaimana?
    tapi sebenarnya gigi belakang saya ini pernah ngilu tapi gak terlalu sering banget. dan apakah itu benar adanya impaksi…

    • sebenarnya dengan melihat langsung saja bisa kelihatan impaksi atau tidaknya, joka posisi kelihatan tidak seperti normal (yang harusnya bagian pengunyahan tidak kelihatan atau miring)sudah bisa dikatakan gigi itu impaksi..
      tapi untuk melihat akar gigi paling belakang ini memang butuh rontgen, panjangnya dan besar tidaknya,, smg membantu

  13. umurku 35 th br numbuh…uda 2 hr aku bw biasa aja, tp yg aku rasakan sekarang jd kurang senyum & gak ada gairah..kl didiemin aja bisa numbuh sempurna gak ya…

    • lihat2 kasusny dulu mas,, kalo posisinya memang miring atau tidur ya harus dicabut,, daripada nabrak depane jadi ikut2 bolong nanti..

  14. saya juga mengalami hal yang sama ,, umur sy 18th ,gigi yang paling belakang tumbuh setengah ,,,kmren kata dkter saya hruss d operasi ,,, sumpahh ngeriii bgt saya phobia jarum suntik ma dkter …. tp ya mw bagaimana lagii ,,,…

  15. umurq 25 th, q sering bgt merasakan skt gigi blkgq ini dan 5hari ini q bengkak sepertinya tumbuh gigi blkg yg baru, dulu pernah jg q kesakitan krn gigi blkgq ini, trz keliatan nongol gigi baru gt, tp kuq tumbuhnya gk skalian gt ya, coz gk nahan nyerinya tu lho…
    gmn solusinya ya biar q gk sering2 merasakan nyerinya gigi blkgq ini???

  16. gigiku mau cabut, ntar kira-kira gigi bungsu-ku bisa “nggeser” tempatnya ga ya? abisnya kalo gigi kosongan gitu rasanya aneh -,-

  17. aku umur hampir 20 tahun, tapi belum tumbuh gigi. gapapa kan?

  18. klo gak terlalu sakit…..gak perlu di cabut ya.?

  19. aq jg ngalami gigi tumbuh
    truz hari ini aq periksa ke dokter ternyata benar,
    di ujung gigi geraham tumbuh lagi gigi.
    gx nyangka az aq kan umur uda 20 thun, koq tumbuh gigi lg,,

  20. aku juga ada numbuh gig dibagian belakang, tp ga terasa sakit. itu ga knp2 kan?

  21. hooo……artikel ini aku bangeeettt…whaaa! jadi solusinya mesti gitu ya…padahal udah usia 28, gigi lainnya aja masih mau numbuh.. menangis banget..hiks..

  22. umurku 16 tahun aku juga pernah tumbuh gigi di bagian kiri belakang saat umu 15 rasanya sakit tapi setelah giginya terlihat keluar dari gusi sudah tidak sakit lagi, namun sekarang giliran bagian kanan yang tumbuh giginnya. rasanya cenat cenut.

    • coba dilihat di kaca mbak/mas,, kan kelihatan posisinya, kalau cuma bengkak karena gigi mau tumbuh itu hal normal, ckup diminumi analgetik penghilang rasa sakita saja sudah cukup. tapi jika berlalu beberapa minggu atau bulan berarti ada yang aneh tuh,, hehehe, bisa jadi posisinya miring seperti gambar di atas, cpet2 di periksakan,, OK

  23. tahun 2006 aku juga mengalami hal semacam ini … waktu itu aku konsul ke dokter gigi yang masih kerabat sendiri … saran beliau memang gigi itu ngga ada gunanya …. jadi sebaiknya dicabut saja … akhirnya dicabutlah gigi itu dengan operasi kecil di sebuah klinik praktik dokter ggi …. memang sih ….. gigi bungsu ini memang menyiksa …. bahkan dulu saya sampe demam lho …. saking sakitnya sampe sering bolos kuliah … hal ini berlangsung beberapa minggu hingga akhirnya gigi bungsu yang tumbuhnya “nyeleneh” itu dicabut hilanglah penderitaan :)) ……..

  24. gigi saya tumbuh di usia 21 tahun, ini merupakan yang kedua. yang pertama tumbuh dibawah sebelah kanan, saat itu rasanya sakit tapi tidak sesakit yang sekarang ini. gigi yang pertama saya biarkan sampai akhirnya rasa sakitnya hilang sendiri, sementara gigi yang kedua tumbuh di bawah sebelah kiri. rasanya luar biasa sakit, bahkan sampai menyebabkan bengkak di pipi. saya periksa ke dokter gigi, beliau menyarankan untuk di operasi. tapi saya berfikir, mungkin jika dibiarkan saja juga tidak akan jadi masalah. sebab gigi yang pertama pun seperti itu, sampai sekarang tidak ada masalah yang timbul. menurut anda bagaimana??? mohon bantuannya

  25. Aq……umur 30 th Bro…….gigi plg pojok tumbuh,,…sakit luar biasa…..nggak cukup 2 hr,tp ini udah 5 hr,sakit msh saja nggak berkurang. Apes tenan…

  26. mending gua di putusin pacar, di gebukin orang se RT, di kejar-kejar anjuing ampe kecebur di sungai atau bahkan mending ketemu sama setaaaan… mending berantem sama pereman, uurusan menang atau kalah, bonyok atau bakak belur urusan belakangan…DARI PADA IMPAKSI ATAU SAKIIT GIGI KAYA GINI…….
    mangap gk bisa, nelen sakit, ngunyah sakit senyum ke paksa.. bawaannya pengen gebukin orang aja…..

    gua gak takut di operasi, gak takut setan, gk takut sama preman…… tapi gua gak mau sakit kaya gini… sengsara banget tau,,, SAKIT YA ALLAH…….
    pengen di operasi atau pembedahan semacamnya, gua gak punya uang buat hal kaya gitu…… ya ALLAH… sakitttttttttttttt banget,
    kan gak lucu umur gua yang 20 tahun, nangis di kamar gara-gara sakit gigi… :’(

  27. waaaaah saya bangeeed…., saya operasi gigi bungsu(odontectomi/pencabutan gigi paling belakang dengan jalan operasi) karna mslh yg sama..impacted ^_^ duuuh sakitnya minta ampuuuuuuuuuuuuuuun…, detik2 menjelang sidang sarjana pula….weh2….ga ngerti bgd tu si gibung(gigi bungsu) …tp alhamdulillah sekarang sudah tidak ada keluhan…

  28. awalnya saya bingung kenapa gigi yang baru tumbuh sudah sakit sedangkan yang sudah lama masih baik”.

  29. duh, , aq jg lg tumbuh gigi ne . . dah 2 hari sakit bgt, buka mulut jg sakit, apalagi waktu makan .. setelah Q liat lewat cermin, ternyata ada gigi yang nongol , tp cm sdikit di sisi kiri,, apa itu termasuk impaksi jg y?

  30. wah… saya sudah lama tumbuhnya… namun skrang sakitan…apa iya mngkin karna menumpuknya makanan.. pdahal klo mw tdur pasti gosok gigi..
    eh pas bngun tdur sakitnya mnta ampun… ku pikir ini karna gusi….

    gusi jg beprengaruh tdak?

  31. All..jangan panik dahulu jika gigi tumbuh, slahkan dilihat dlu apa kira2 masih ada ruang tidak, di bagian paling belakang, dan sakitnya sudah berapa lama,.jika tumbuhnya normal brarti aman, tapi jika sakit dan tidak kelihatan slhkn lgsg ke dokter, untuk gusi dan gi2 adalah satu kesatuan, jarang sekali gusi sakit berdiri sendiri. Biasanya jg dsbbkn oleh gi2 brmslh dan karang gi2

  32. Wedewwwwwwwwwwwww…… sakit gigi ini… HELEEEEPPPP :’(… jangan operasi dong…. emangnya kalo dia munculnya kayak gitu benar2 masalah ya ??? trus kalo gak di operasi ada cara lain lagi gak ? soalnya takut oprasi, zaman skarang kan mal-praktek banyak !! Needed hep :(

  33. @nanchay..sis jangan takut begitu, ga hrus operasi jg, ada beberapa yg bisa dicabut biasa tanpa harus operasi, tp hrus dilihat dlu kasus dan biasanya bisa dilìat melalui foto xray untuk mengetahui struktur tulang penyangga gi2 itu, jika takut mal prktek serahkan pada ahlinya, yaitu ke dokter sp.bm atau spesialis bedah mulut..tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: