apa sih Kawat Gigi ?


<!–[if !mso]> <! st1:*{behavior:url(#ieooui) } –>

Kalau kita dengar kawat gigi (orthodhonti) tentu apa yang ada dalam otak kita. Yang pertama adalah sakit rasanya, mahal, rumit, lama hasilnya.

Kalau benda ini kita pecah-pecah akan ada beberapa bagian

kawat_gigi

  1. Bracket (kalau dilihat seperti besi yang menempel di permukaan gigi (muka gigi) )
  2. Band (bentuknya seperti cincin stainless ditaruh di gigi paling belakang)
  3. Wire (kawat yang melintang dari kiri ke kanan, yah yang kelihatan itu di atas maupun di bawah)
  4. Power O (karet yang bentuknya seperti bulatan-bulatan kecil yang nantinya akan di pasang di bracket)
  5. Power Chain (mirip power O cuman dia bergabung jadi satu mirip seperti rantai)

Dan masih banyak lagi alat-alat yang lain, tergantung dokter gigi spesialisnya juga,

Yah memang ada benarnya kenapa alasan kita pasang gigi tentu ingin dapat hasil yang lebih baik. Tapi ya ngga secepat kilat, walopun bayar mahal pun mungkin tidak akan bisa secepat yang kita bayangkan. Ada yang berkisar 1,5 tahun atau lebih dan tergantung pula kasusnya.

Padahal selama memakai kawat gigi ini senyum kita menjadi terganggu kawat yang menempel di gigi. tapi setelah melihat hasilnya  sepertinya ‘pengorbanan’ itu tidak ada artinya, apalagi banyak yang  bilang.

Tidak Cuma susunan gigi aja yang menjadi rapi, wajah pun tampak lebih tirus dan badan lebih langsing.  Jadi penasaran kan ?? he2X

Yang Musti dilakukan setelah pasang kawat gigi

Kita harus selalu memperhatikan kebersihan gigi kita pasca pemasangan kawat.  Ruang antara cekat ( bantalan karet pada kawat gigi ) dan gigi bisa jadi tempat yang nyaman  bagi kuman-kuman. Makanya setiap kali habis makan, gigi harus segera  dibersihkan. Selain itu hindari mengonsumsi makanan yang lengket  seperti permen atau yang keras.

Soalnya makanan ini dapat  merangsang lepasnya kawat gigi. Dan yang terpenting. Periksa ke dokter secara berkala. Kalau komitmen  ini  tidak dijalani,  dikhawatirkan hasilnya tidak akan maksimal atau malah menambah masalah  baru buat gigi kita. apalagi kalau kita sampai memutuskan untuk melepas kawat gigi  sebelum perawatannya yang memakan waktu 2-3  tahun selesai. Tidak Cuma rugi waktu, uang  atau gigi. Seandainya ada yang dicabut. Fungsi utama gigi pun akan terganggu. Bisa saja gigitan antara gigi atas dan gigi bawah makin tidak pas.

Tapi jangan seneng dulu ???

Setelah berakhirnya perawatan gigi dan dilepasnya kawat gigi. Kita jangan senang dulu, karena untuk mempertahankan  posisi gigi yang sudah  tersusun rapi, kita harus mengunakan  retainer, kawat gigi  temporary, selama kurang lebih satu tahun. Sekali lagi saat memakai retainer  kita pun harus disiplin dan sebaiknya retainer ini di pakai selamanya.

Tapi tidak perlu menggunakan sepanjang hari, karena setelah melewati masa 6 bulan kita bisa menggunakannya pada saat tidur saja.  memang kalau di hitung-hitung biaya yang harus  dikeluarkan mulai dari persiapan pemasangan, selama perawatan sampai pasca perawatan tidak sedikit.namun dibandingkan manfaatnya, kalau dihitung-hitung lagi, nilainya jadi tidak seberapa.

Kalau punya gigi rapi, otomatis fungsinya pun akan bekerja dengan baik. Dan kalau kita bisa menjaga kebersihan dan kesehatannya, kuman perusak tidak akan betah di gigi kita. Dan senyum kita akan tampak lebih cling

Nah itu aja sedikit tentang kawat gigi, semoga berguna artikel ini..

~ by kempoantolin on February 14, 2009.

18 Responses to “apa sih Kawat Gigi ?”

  1. ada gag ya,, masang behel yang murah disemarang.,,

  2. seumpama,aku punta behelnya tok,ada gag ya perawat gigi yang bantu pasangin,ma kontrol,,,

    berharap direply,,

  3. facebooknya alamatnya apa??

  4. Frenty bleh hub di +6285693770396
    Dgn ms hadi,.slhkn ngbrol dlu,trm ksh,

  5. oke sipp,makasi ya mas,,

  6. masi ragu” nii pasang kawat gigi.. awalnya cman mau buat gaya”an ajh sii..
    tp di jakut yg murah dmana yahh
    ???

  7. bro ada info pasang kawat gigi dsemarang kgag?yg murah yee. message ak bro ya din0pe 085693369648. bth cpt.kasih alamat lengkap dan no hpnya ya.

  8. mau pasang behel niy minggu depan tapi masih binggung dimana.. tolong info nya donk.. posisi aku di semarang.tnx

  9. pemasanga kawat gigi yang murah di semarang.plis minta infonya

  10. kerreenn…
    Pen beheellll…..

  11. dmna jual behel murah di medan????

    dan harga” nya yg paling murah brapa????

  12. setau aQ pasang kawat gigi di dokter gigi atau bisa juga di ahli gigi ya setau aQ murah di ahli gigi, itu yang aQ tau, aQ pasang di ahkli gigi ga yampe 2juta 1jta ajacoba deh saran aQ…

    • semua tergantung kamu,, boleh2 ja di tukng gigi, memang tidak semuanya buruk malah ada yang bagus,, yah yang penting resiko ditanggung sendiri aja ga pa2

  13. […] https://kempoantolin.wordpress.com/2009/02/14/apa-sih-kawat-gigi/ […]

  14. usiaku 25. gigi gerahamku baru tumbuh 2 hari terakhir. tumbuhnya moring karna gak ada tempat lagi untuk tumbuh. kalau nanti saya kr dokter untuk oprrasi berapa yang harus saya sediakan yah? mohon jawabannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: